Langsung ke konten utama

Perbedaan antara CD dengan DVD

Di jaman modern seperti ini banyak sekali alat penyimpanan data yang berbagai macam bentuk nya, dan alat-alat itu semakin berkembang menjadi lebih baik. Salah satu contoh alat penyimpanan data yang kita kenal adalah cd(compact disk) dan dvd(digital video disc). Kedua media ini jika kita lihat secara langsung oleh kasat mata seperti tidak ada perbedaan nya, dua-dua nya mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai media penyimpanan data.

nahh dalam tulisan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai perbedaan antara compact disk (cd) dengan digital video disk (dvd). Langsung sajaa yaa.... :D



Pada dasar nya CD dan DVD mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai sebuah media penyimpanan data, kalau dilihat langsung dari segi fisik nya antara cd dengan dvd seperti tidak ada perbedaan. Padahal.. tahukah kamu bahwa sebenar nya mereka sangat berbeda, dan banyak sekali perbedaan yang terdapat pada kedua nya. Contoh nya yang sudah pasti kita ketahui yaitu dari segi kapasitas nya. Kapasitas dvd lebih unggul dari pada kapasitas cd.

Sebagai perbandingan nya saya akan memberikan spesifikasi umum antara cd dengan dvd.
Berikut ini adalaha spesifikasi umum nya :

Spesifikasi Compact Disk


  • Jenis media : Optical disc
  • Kapasitas : Biasanya sampai dengan 700 MB (hingga 80 menit audio)  
  • Mekanisme (baca) : 780 nanometer wavelength ( infrared and red edge) semiconductor laser,1200 Kb/s (1x)
  • Mekanisme (tulis) : 1200 Kb/s (1×)
  • Diafragma : 0,45 (NA)
  • Dikembangkan oleh : Sony , Philips


Spesifikasi Digital Video Disk


  • Jenis media : Optical disc
  • Kapasitas : 4,7 GB (satu sisi, single-layer - umum)8,5-8,7 GB (satu sisi, double-layer)9,4 GB (double-sided, single-layer)17,08 GB (double-sided, double layer - jarang) 
  • Mekanisme (baca) : 650 nanometer laser, 10,5 Mbit / s (1 ×) 
  • Mekanisme (tulis) :10,5 Mbit / s (1 ×) 
  • Diafragma : 0,6 (NA)

            Jika dilihat dari spesifikasi di atas dapat disimpulkan bahwa DVD lebih unggul dibanding dengan CD, baik itu dari segi kualitas, fisik maupun kapasitas nya.

            Besarnya diafragma mempengaruhi jarak lapisan data dengan mata laser, Semakin besar nilai diafragma, semakin kecil titik fokus yang bisa dibuat oleh lensa.

Daya tahan DVD lebih baik dari CD karena lapisan data DVD ada di tengah-tengah keping, jadi lapisan data nya lebih terlindungi dari pada lapisan data CD. Lapisan data CD hanya dilapisi oleh lapisan label, jadi bila lapisan label tergores, maka di bagian tergores itu hampir tidak bisa dibaca sama sekali (lapisan data nya rusak). Berbeda dengan DVD, bila bagian label atau bagian mengkilapnya tergores, lapisan datanya masih utuh ditengah-tengah.

            Namun keping DVD lebih mahal dari keping CD, meski ukuran dan ketebalanya sama. Proses pembuatan keping DVD lebih rumit, karena lapisan data DVD berada ditengah. Perlu 2 kali pelapisan plastik untuk membuat keping DVD utuh. Pada CD, lapisan datanya ditempatkan setelah pembuatan keping utuh, (lebih sederhana).

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Nama : Muhammad Fikri
NPM   : 14110698
Kelas   : 2KA25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELANGGARAN ETIKA IT - PERJUDIAN ONLINE

Pemanfaatan Teknologi Informasi, media, dan komunikasi telah mengubah perilaku dan peradaban manusia secara global. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga menyebabkan hubungan dunia menjadi tanpa batas. Teknologi Informasi saat ini menjadi pedang bermata dua karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan manusia, IT ini sering digunakan sebagai sarana efektif perbuatan melawan hukum. Seperti yang kita ketahui sekarang ini kemajuan teknologi dan informasi di dunia sedang berkembang dengan pesatnya, tentu juga di Indonesia. Kemajuan teknologi berkembang pesat terutama di bidang internet dan dunia IT. Di zaman globalisasi ini sangatlah jarang bila dalam kehidupan sehari – hari kita tidak menggunakan produk IT sama sekali, sebagai contoh, penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk bekerja, mencari tugas, bersosialisasi melalui jejaring sosial, email, chatting, dan lain-lain. Dampak positif dari kemajuan teknologi IT ini dapat dirasakan

May Day (Hari Buruh)

Sejarah Hari Buruh (May Day) May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Magui

Membuat animasi garis dengan OpenGL pada Dev C++

Di semester 5 ini saya mendapat mata kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Mata kuliah ini banyak membahas tentang grafik dan dimensi ruang serta pengolahan citra terhadapnya. saya diberi tugas untuk membuat suatu animasi yaitu membuat garis dengan menggunakan OpenGL. Dalam tulisan ini saya akan memberikan contoh animasi yaitu program membuat garis menggunakan OpenGL dengan Dev C++ sebagai IDE nya. Program dapat di download disini