Langsung ke konten utama

Contoh program kondisi pada COBOL





Seperti yang kita ketahui bahwa dalam penulisan COBOL kolom maksimal yang disediakan program COBOL adalah kolom 1 sampai kolom ke 80. Dalam membuat program diatas kita hanya menggunakan kolom dari (8 – 11) dan (12 – 72). Yang dimana

Kolom 8-11 : disebut dengan area A. untuk menulis divisi, section, nama
paragraph, judul file description (FD), level number 01 dan
level number 77.

Kolom 12-72 : disebut area B. untuk menulis elemen program selain yang
ditulis di area A.

Program COBOL diatas menggunakan Kondisi sederhana  “>”(Greater than) dan “<” (Less than). Kondisi IF disini digunakan untuk menyeleksi kondisi tunggal, yaitu membandingkan suatu hubungan antara 2 item yang ditunjukkan oleh tanda operasi atau disebut Operational operator.


 
IDENTIFICATION DIVISION.
Divisi ini memberikan identitas pada program, contoh untuk program diatas adalah Program-ID atau nama Program yaitu kondisi.

ENVIRONMENT DIVISION.
Divisi ini berguna untuk memberikan informasi peralatan yang digunakan dalam program, namun ini bersifat optional (boleh tidak ditulis) berisi tentang peralatan hardware yang digunakan program. contoh nya Printer, dll Dalam program ini kita tidak menggunakan environmet, namun ENVIRONMENT DIVISION  harus tetap dituliskan, karna itu termasuk dalam struktur Program.

DATA DIVISION.
Divisi ini berguna untuk mendeskripsikan variable-variabel dan jenis tipe data yang digunakan dalam program COBOL. Dvisi ini memiliki beberapa section. Untuk Program diatas kita hanya memakai 2 section yaitu WORKING-STORAGE SECTION dan SCREEN SECTION.

WORKING-STORAGE SECTION digunakan untuk mendeklarasikan variable dan tipe data yang digunakan dalam program COBOL. SCREEN SECTION digunakan untuk menentukan format layar tampilan baik input atau output nya.

PROCEDURE DIVISION
Divisi ini merupakan inti dari bahasa pemrograman COBOL karena pada divisi inilah semua statement instruksi dibuat. Dalam program diatas terdapat 2 Procedure yaitu MULAI dan SELESAI.

 
DEKLARASI DATA.


MULAI
dalam Procedur ini terdapat beberapa statement seperti : DISPLAY, ACCEPT, COMPUTE dan IF (kondisi). DISPLAY disini adalah sebuah perintah untuk menampilkan data. Setelah statement DISPLAY statement selanjut nya yang ditulis adalah ACCEPT. ACCEPT adalah perintah untuk menyetujui data untuk dicetak / ditampilkan di output. 

Contoh nya DISPLAY LAYAR-MASUK ini berarti statement untuk mencetak data LAYAR-MASUK yang sudah dideklarasikan tadi pada DATA DIVISION. Dan ACCEPT LAYAR-MASUK adalah perintah untuk menyetujui data itu akandicetak atau ditampilkan di output. Kedua perintah ini saling berhubungan.
Selanjut nya adalah statement Compute, Compute digunakan untuk penjumlahan data.  Contoh dalam program dia atas adalah mencari nilai “HASIL”. untuk mencari berapa nilai “HASIL” kita harus menjumlahkan niali UTS dan UAS kemudian setelah itu dibagi dua. Maka digunakanlah perintah ini.
COMPUTE HASIL = (UTS + UAS) / 2 = “HASIL”

Kondisi Sederhana


 
Dalam kondisi sederhana ini kita menggunakan perintah IF dan 2 Operational operator atau tanda operasi  yaitu “>”(Greater than) dan “<” (Less than).

LOGIKA
logika pertama Jika nilai HASIL  lebih besar dari 50 maka cetak “ANDA LULUS” di baris ke 14 kolom 20
logika kedua Jika nilai HASIL  lebih kecil dari 50 maka cetak “ANDA LULUS” di baris ke 14 kolom 20.

SELESAI
dalam procedure ini berisi perintah STOP RUN yang digunakan untuk menyudahi program (program selesai).

OUTPUT
SAVE
untuk menampilkan output program di COBOL kita harus menyimpan nya terlebih dahulu. Simpan Program tersebut dengan cara à klik File à Save à simpan dengan extension .cob (nama_program.cob) à contoh nya  LA2.cob à setelah disimpan pilih exit. 

COMPILE
setelah program tersimpan langkah selanjut nya yang dilakukan adalah mencompile nya dan pastikan bahwa sudah tidak ada eror data dalam mengcompile program. Cara mencompile nya :
kembali ke tampilan dos à lalu ketik COBOL <spasi> nama_program.cobà contoh : COBOL LA2.cob

OUTPUT
lalu setelah disimpan dan di compile barulah kita dapat menjalankan program nya,  dengan cara :
ketik RUNCOBOL atau RUNCOB <spasi> nama_program.cob à contoh : RUNCOB LA2.cob





 ----------------------------------------------------------------------

NAMA : Muhammad Fikri
NPM    : 14110698
KELAS : 2KA25

Komentar

  1. keren blognyaa.. :)
    ajarin donggg.. hahaa :D

    BalasHapus
  2. terima tikaku kasih sudah berkunjung hehe :)

    BalasHapus
  3. iyaa sama samaa ^^, abis blognya warna biru siih, tulisan yg terbarunya jg keren.. hehehe :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELANGGARAN ETIKA IT - PERJUDIAN ONLINE

Pemanfaatan Teknologi Informasi, media, dan komunikasi telah mengubah perilaku dan peradaban manusia secara global. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga menyebabkan hubungan dunia menjadi tanpa batas. Teknologi Informasi saat ini menjadi pedang bermata dua karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan manusia, IT ini sering digunakan sebagai sarana efektif perbuatan melawan hukum. Seperti yang kita ketahui sekarang ini kemajuan teknologi dan informasi di dunia sedang berkembang dengan pesatnya, tentu juga di Indonesia. Kemajuan teknologi berkembang pesat terutama di bidang internet dan dunia IT. Di zaman globalisasi ini sangatlah jarang bila dalam kehidupan sehari – hari kita tidak menggunakan produk IT sama sekali, sebagai contoh, penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk bekerja, mencari tugas, bersosialisasi melalui jejaring sosial, email, chatting, dan lain-lain. Dampak positif dari kemajuan teknologi IT ini dapat dirasakan

May Day (Hari Buruh)

Sejarah Hari Buruh (May Day) May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Magui

Membuat animasi garis dengan OpenGL pada Dev C++

Di semester 5 ini saya mendapat mata kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Mata kuliah ini banyak membahas tentang grafik dan dimensi ruang serta pengolahan citra terhadapnya. saya diberi tugas untuk membuat suatu animasi yaitu membuat garis dengan menggunakan OpenGL. Dalam tulisan ini saya akan memberikan contoh animasi yaitu program membuat garis menggunakan OpenGL dengan Dev C++ sebagai IDE nya. Program dapat di download disini