Langsung ke konten utama

PRINSIP DASAR USABILITY

USABILITY

Usability (pendayagunaan) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat tertentu atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Usability juga dapat merujuk pada metode pengukuran pendayagunaan dan kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.

Dalam interaksi manusia dan komputer (HCI), usability biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputer atau situs web.



PRINSIP DASAR USABILITY

Di dalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya

Human Ability,
Human CapabilitY,
Memori,
Proses,
Observations, dan
penyelesaian masalah.


HUMA ABILITY
Human ability adalah suatu kemampuan pada manusia, yaitu baik dan buruknya manusia tersebut. Human Abilities terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Human abilty baik

- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful

2. Human ability buruk

- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat

HUMAN CAPABILITY
Human capability yaitu mencangkup penginderaan ( mata, telinga, kulit dll), proses informasi,dan sistem motor sendiri. 

  • Mata
Mata adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap konsep penglihatan 

  •  Telinga
Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar. Sistem yang terdapat pada telinga yaitu system auditory yang memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar. Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah. 

  • Peraba
Peraba adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melakukan sentuhan. Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :

Thermoceptor =merespon panas / dingin
Nociceptor =merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
Mechanoceptor = merespon pada tekanan

Pada komputer keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
  • .       Proses Informasi
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :

Perseptual

  • Menangani sensor dari luar 
  • Sebagai buffer untuk menampung masukkan yang diterima dari indera manusia 
  • Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)

Kognitif : memproses hubungan keduanya

Sistem Motor : mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)


MEMORI
Memori yaitu dapat menyimpan pengetahuan faktual, dan pengetahuan prosedural. Terdapat 4 tipe memori yaitu Perceptual Buffer (Memori Sensor), Short Term Memory (STM), Intermediate, dan Long Term Memory (LTM)

  • Perceptual Buffer (Memori Sensor)
  • Terbatas kapasitasnya.
  • Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
  • Short Term Memory (STM)
  • Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat atau sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan. 
  • Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
  • Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
-Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
-Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
  • Intermediate  
Menyimpan untuk ke LTM 
 
  •  Long Term Memory (LTM)
  • Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan berdasarkan  eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb. 
  • Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses hilangnya informasi lebih lambat.

Terdapat dua jenis LTM :

   a. Memori Episodik

   b. Memori Semantik

OBSERVASI 

  • Orang lebih fokus menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
  • Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.  
  • Orang lebih kepada heuristic dari pada alghoritmic.


PENYELESAIAN MASALAH
Setelah menyimpan di LTM, kemudian di aplikasikan Penalaran (reasoning): proses pemgambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki manusia.



--------------------------------------------------------------------------------------

Muhammad Fikri
14110698
3KA25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gadis Muslimah

"Wahai gadis muslimah" "Enkau berjilbab merah" "Paras mu indah" "Membuat mata ku cerah" "Wahai gadis muslimah" "Engkau ringan tangan" "Tutur kata mu sopan" "Membuat telinga ku nyaman" "Wahai gadis muslimah" "Engkau bijaksana" "Hati mu mulia" "Membuat hati ku tergoda"

Diagram Fishbone dan Contohnya

Diagram Fishbone adalah sebuah alat bantu visual yang digunakan untuk memetakan solusi, masalah dan penyebannya ke dalam sebuah gambar yang terstruktur seperti tulang ikan. Diagram Fishbone ditemukan oleh kimiawan asal jepang Professor  Ishikawa Kaoru dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengorganisir berbagai faktor yang dapat berkontribusi terhadap terjadinya suatu masalah atau efek yang diinginkan. Diagram ini banyak digunakan di organisasi dan perusahaan untuk menggambarkan hubungan antara penyebab-penyebab yang mungkin terkait dengan masalah yang dihadapi. Berikut adalah salah satu contoh Diagram Fishbone tentang Layanan Kesehatan Klinik Diagram ini membantu mengidentifikasi beberapa masalah utama yang mempengaruhi kualitas pelayanan di klinik. Bagian tengah diagram, atau "tulang belakang", mewakili masalah utama atau efek yang ingin dipecahkan diantaranya infrastruktur klinik, sumber daya manusia, proses pelayanan, sistem IT, kepuasan pasien dan faktor eksternal lai...

Astral project

Kalau dilihat dari judul tulisan ini pasti kamu penasaran, apa sih isi nya hehe.. pernahkah kamu mendengar istilah itu? Ya “astral project” ? Atau mungkin kamu pernah mengalami nya ? Penjela san : definisi dari Astral project yaitu suatu kemampuan makhluk hidup (manusia) untuk keluar dari dari tubuh fisik nya. Bagaimana ya cara nya? *Hehe Pernahkan kamu merasakan berada di tempat yang berbeda pada saat bersamaan? ketakutaan, kelelahan atau kebahagiaan setelah bangun dari mimpi?  ane belom pernah gan Setiap orang biasanya keluar dari tubuh fisiknya secara alami pada malam hari pada saat transisi kondisi antara mengantuk dan akan tidur. Tanda-tanda nya dimana tubuh merasa ringan, rileks atau ada perasaan seperti sedikit melayang bagi yang lebih sensitif. *Wallahuallam :) Sebagaimana kita ketahui bahwa kita mempunyai beberapa 'wadah' bagi kesadaran kita, dan tubuh astral adalah salah satunya. Dalam pengertian proyeksi astral, pada saat keluar da...