Langsung ke konten utama

PRINSIP DASAR USABILITY

USABILITY

Usability (pendayagunaan) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat tertentu atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Usability juga dapat merujuk pada metode pengukuran pendayagunaan dan kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.

Dalam interaksi manusia dan komputer (HCI), usability biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputer atau situs web.



PRINSIP DASAR USABILITY

Di dalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya

Human Ability,
Human CapabilitY,
Memori,
Proses,
Observations, dan
penyelesaian masalah.


HUMA ABILITY
Human ability adalah suatu kemampuan pada manusia, yaitu baik dan buruknya manusia tersebut. Human Abilities terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Human abilty baik

- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful

2. Human ability buruk

- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat

HUMAN CAPABILITY
Human capability yaitu mencangkup penginderaan ( mata, telinga, kulit dll), proses informasi,dan sistem motor sendiri. 

  • Mata
Mata adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap konsep penglihatan 

  •  Telinga
Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar. Sistem yang terdapat pada telinga yaitu system auditory yang memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar. Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah. 

  • Peraba
Peraba adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melakukan sentuhan. Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :

Thermoceptor =merespon panas / dingin
Nociceptor =merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
Mechanoceptor = merespon pada tekanan

Pada komputer keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
  • .       Proses Informasi
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :

Perseptual

  • Menangani sensor dari luar 
  • Sebagai buffer untuk menampung masukkan yang diterima dari indera manusia 
  • Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)

Kognitif : memproses hubungan keduanya

Sistem Motor : mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)


MEMORI
Memori yaitu dapat menyimpan pengetahuan faktual, dan pengetahuan prosedural. Terdapat 4 tipe memori yaitu Perceptual Buffer (Memori Sensor), Short Term Memory (STM), Intermediate, dan Long Term Memory (LTM)

  • Perceptual Buffer (Memori Sensor)
  • Terbatas kapasitasnya.
  • Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
  • Short Term Memory (STM)
  • Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat atau sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan. 
  • Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
  • Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
-Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
-Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
  • Intermediate  
Menyimpan untuk ke LTM 
 
  •  Long Term Memory (LTM)
  • Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan berdasarkan  eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb. 
  • Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses hilangnya informasi lebih lambat.

Terdapat dua jenis LTM :

   a. Memori Episodik

   b. Memori Semantik

OBSERVASI 

  • Orang lebih fokus menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
  • Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.  
  • Orang lebih kepada heuristic dari pada alghoritmic.


PENYELESAIAN MASALAH
Setelah menyimpan di LTM, kemudian di aplikasikan Penalaran (reasoning): proses pemgambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki manusia.



--------------------------------------------------------------------------------------

Muhammad Fikri
14110698
3KA25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELANGGARAN ETIKA IT - PERJUDIAN ONLINE

Pemanfaatan Teknologi Informasi, media, dan komunikasi telah mengubah perilaku dan peradaban manusia secara global. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga menyebabkan hubungan dunia menjadi tanpa batas. Teknologi Informasi saat ini menjadi pedang bermata dua karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan manusia, IT ini sering digunakan sebagai sarana efektif perbuatan melawan hukum. Seperti yang kita ketahui sekarang ini kemajuan teknologi dan informasi di dunia sedang berkembang dengan pesatnya, tentu juga di Indonesia. Kemajuan teknologi berkembang pesat terutama di bidang internet dan dunia IT. Di zaman globalisasi ini sangatlah jarang bila dalam kehidupan sehari – hari kita tidak menggunakan produk IT sama sekali, sebagai contoh, penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk bekerja, mencari tugas, bersosialisasi melalui jejaring sosial, email, chatting, dan lain-lain. Dampak positif dari kemajuan teknologi IT ini dapat dirasakan

May Day (Hari Buruh)

Sejarah Hari Buruh (May Day) May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Magui

Membuat animasi garis dengan OpenGL pada Dev C++

Di semester 5 ini saya mendapat mata kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Mata kuliah ini banyak membahas tentang grafik dan dimensi ruang serta pengolahan citra terhadapnya. saya diberi tugas untuk membuat suatu animasi yaitu membuat garis dengan menggunakan OpenGL. Dalam tulisan ini saya akan memberikan contoh animasi yaitu program membuat garis menggunakan OpenGL dengan Dev C++ sebagai IDE nya. Program dapat di download disini