Langsung ke konten utama

Larangan saat menggunakan laptop!

Kadang kita sering menghiraukan hal-hal yang sepele. Tetapi sesungguh nya hal-hal yang sepele ini dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar. hehe. dan beberapa hari yang lalu saya sempat merasakan nya. Tetapi dari itulah kita belajar.


Nah langsung saja, dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi beberapa tips yang insyallah akan berguna pada saat anda akan mengoperasikan laptop anda sendiri.

 

 

: hal-hal yang dilarang saat menggunakan laptop



  1. Jangan memasukkan laptop yang habis digunakan langsung ke dalam tas laptop (softcase).

Jadi pada saat kita selesai menggunakan laptop, pasti laptop kita itu masih menyimpan panas berlebih. Nah kalo langsung dimasukkan ke tas, kan panas nya tertahan cukup lama di dalam tas. Ini sangat berpengaruh kepada komponen listrik yang ada di dalam laptop.

  1. Jangan mencharge laptop secara berlebihan.

Maksud nya gini, kalo kita lagi mencharge laptop, dan baterai nya sudah full charge, cabut deh tuh charger nya dari stop kontak listrik dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Prosedur ini lebih aman ketimbang kita mencharge baterai secara terus menerus (non-stop),  dan juga sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi. (Pengalaman ane gan.,apalagi kalo yg make OS  nya opensource)

  1. Jangan melepas baterai pada saat posisi laptop sedang on charge

Initnya, jika kita ingin menggunakan laptop dan ingin menghemat baterai sebaiknya jangan dilepaskan baterai dari socketnya. karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka motherboad nya akan cepat rusak. Soal nya sepengetahuan saya kalo baterai dilepas pada saat on charge daya hantar listrik mengalir secara langusng ke mother board tanpa ada hambatan / tahanan.

  1. Jangan menggunakan laptop di permukaan yang lembut seperti tempat tidur.

Menggunakan laptop di tempat yang lembut seperti tempat tidur, dapat menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop dan menghambat masuknya udara yang berguna untuk menyejukkan suhu laptop. Intinya, laptop itu memerlukan permukaan datar untuk menjaga asupan udara dan kestabilan suhu di dalamnya. Untuk mengatasi ini kita bisa gunakan cooling fan.

  1. Jangan menaruh laptop yang sedang digunakan di atas paha anda karena radiasi nya sangat berbahaya.
Kalo yang ini pasti kalian udah pada ngerti yah hehe.


Itulah sedikit tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua.. :D


Komentar

  1. wah nyang nomer 1 info baru tuh gan buat ane,hahaha selama ini langsung ane masupin aje tuh ke tas kalo abis lembur dota,wakaka
    kalo nyang nomer 2 ama 3 tergantung lepinye gan setau ane, kalo lepi taon 2007-2008 ke atas kebanyakan udeh ada pemutus arus otomatisnya, tapi ada beberapa kyk tipe lepi ac*r harus prosedur perawatan batrenya nyang kyk nomer 2 dan 3 itu gan,kyk jaman-jaman IBM(*ini barang mahal) gitulah gan,nah jadi kalo maen sambil colok listrik rumah juga jd gak usah cabut kabel charge,tapi kalo abis dipake tanpa charge,mending dihabisin aj dulu sampe critical(sekitar 10%-3% tergantung setting),baru abis itu di charge, demi menghindari kenaikan WL(wear lvl) batre yg drastis akibat cDc (charge discharge)
    kalo nyang nomer 4 bener bgt tuh sesepuh fikri, wakakak,selain tempat tidur perhatikan juga alur pembuangan panas si lepi selain dari bawah (beda-beda),kyk tipe lepi gaming itu dy pembuangan panasnye kebelakang,kiri kanan, sama bawah lepi, jadi pastikan gak ada benda yg menghalangi pembuangan panas si lepi itu (kasih jarak), yg ada malah mantul lagi panasnye ke lepi, jadi overheting(turun mesin deh ke bengkel, hahaha kyk mobil)
    wah kalo nyang nomer 5 udeh mempertaruhkan masa depan itu gan wakakaka, bisa gak punya keturunan nanti

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELANGGARAN ETIKA IT - PERJUDIAN ONLINE

Pemanfaatan Teknologi Informasi, media, dan komunikasi telah mengubah perilaku dan peradaban manusia secara global. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga menyebabkan hubungan dunia menjadi tanpa batas. Teknologi Informasi saat ini menjadi pedang bermata dua karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan manusia, IT ini sering digunakan sebagai sarana efektif perbuatan melawan hukum. Seperti yang kita ketahui sekarang ini kemajuan teknologi dan informasi di dunia sedang berkembang dengan pesatnya, tentu juga di Indonesia. Kemajuan teknologi berkembang pesat terutama di bidang internet dan dunia IT. Di zaman globalisasi ini sangatlah jarang bila dalam kehidupan sehari – hari kita tidak menggunakan produk IT sama sekali, sebagai contoh, penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk bekerja, mencari tugas, bersosialisasi melalui jejaring sosial, email, chatting, dan lain-lain. Dampak positif dari kemajuan teknologi IT ini dapat dirasakan

May Day (Hari Buruh)

Sejarah Hari Buruh (May Day) May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Magui

Membuat animasi garis dengan OpenGL pada Dev C++

Di semester 5 ini saya mendapat mata kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Mata kuliah ini banyak membahas tentang grafik dan dimensi ruang serta pengolahan citra terhadapnya. saya diberi tugas untuk membuat suatu animasi yaitu membuat garis dengan menggunakan OpenGL. Dalam tulisan ini saya akan memberikan contoh animasi yaitu program membuat garis menggunakan OpenGL dengan Dev C++ sebagai IDE nya. Program dapat di download disini