Bismillahirahmanirrahim Assalamualaikum
Apakah kamu tau apa itu Kopling...? untuk apa sih kopling itu...???
KOPLING : Suatu komponen penghubung dan pemutus tenaga atau putaran mesin.
kopling biasanya terletak diantara primer reduksi dan transmisi atau juga ada yg terletak pada poros engkol
Ada 2 jenis Kopling pada sepeda motor
1.Kopling Otomatis > kopling yg bekerja berdasarkan gaya sentrifugal, yang menghubungkan serta memutuskan tenaga mesin, sesuai dg putaran mesin
2.Kopling Manual > kopling yg bekerja secara manual yang dilakukan sesuai dengan keinginan pengendara
Fungsi dari Kopling :Menghubungkan dan memutuskan tenaga atau putaran yang dihasilkan oleh mesin (poros engkol)
Mekanisme kerja kopling pada sepeda motor adalah
putaran mesin dari poros engkol , diteruskan KOPLING menuju transmisi dan ke roda Belakang agar roda tersebut dapat berputar, tetapi hasil putaran mesin ini harus baik dan merata, agar putaran roda juga baik. Oleh karna itu kopling disini sangat berpengaruh terhadap proses kerja.
Syarat-Syarat Kopling
1.Dapat meneruskan putaran dari mesin (poros engkol) ke Transmisi
2.Dapat melepaskan hubungan antara poros engkol dg Transmisi
3.Dapat meneruskan putaran poros engkol mesin ke transmisi secara berangsur-angsur secara merata dan baik, tanpa hentakan
Apakah kamu tau apa itu Kopling...? untuk apa sih kopling itu...???
KOPLING : Suatu komponen penghubung dan pemutus tenaga atau putaran mesin.
kopling biasanya terletak diantara primer reduksi dan transmisi atau juga ada yg terletak pada poros engkol
Ada 2 jenis Kopling pada sepeda motor
1.Kopling Otomatis > kopling yg bekerja berdasarkan gaya sentrifugal, yang menghubungkan serta memutuskan tenaga mesin, sesuai dg putaran mesin
2.Kopling Manual > kopling yg bekerja secara manual yang dilakukan sesuai dengan keinginan pengendara
Fungsi dari Kopling :Menghubungkan dan memutuskan tenaga atau putaran yang dihasilkan oleh mesin (poros engkol)
Mekanisme kerja kopling pada sepeda motor adalah
putaran mesin dari poros engkol , diteruskan KOPLING menuju transmisi dan ke roda Belakang agar roda tersebut dapat berputar, tetapi hasil putaran mesin ini harus baik dan merata, agar putaran roda juga baik. Oleh karna itu kopling disini sangat berpengaruh terhadap proses kerja.
Syarat-Syarat Kopling
1.Dapat meneruskan putaran dari mesin (poros engkol) ke Transmisi
2.Dapat melepaskan hubungan antara poros engkol dg Transmisi
3.Dapat meneruskan putaran poros engkol mesin ke transmisi secara berangsur-angsur secara merata dan baik, tanpa hentakan
Komentar
Posting Komentar